Pengertian Historiografi dan Jenisnya Secara Singkat

Memahami definisi pengertian Historiografi dalam sejarah secara singkat dan jelas beserta jenis-jenis dan contohnya lengkap. Baca: Pengertian Historiorgafi Tradisional


Pengertian Historiorgafi

Historiografi ialah analisis tentang cara sejarawan dalam peningkatan riwayat menjadi disiplin akademis, serta dengan luas adalah tiap-tiap karya riwayat tentang tema spesifik. Historiografi mengenai tema spesial melingkupi mengenai bagaimana sejarawan membahas tema itu dengan memakai sumber, tehnik, serta pendekatan teoretis spesifik. 

Beberapa sarjana sudah membahas historiografi dengan tema – seperti "historiografi Indonesia", "Historiografi Islam awal", "Historiografi Tiongkok" – dan beberapa pendekatan serta saluran, seperti riwayat politik serta riwayat sosial. Semenjak era ke-19, dengan bangunnya riwayat akademis, mulai tumbuh bentuk literatur historiografi. 

Sejauh manakah sejarawan di pengaruhi oleh grup serta kesetiaan mereka sendiri – seperti pada negara bangsanya - jadi persoalan yang diperdebatkan. 

Ketertarikan riset sejarawan beralih selama waktu, serta sudah ada pergeseran jauh dari diplomasi, ekonomi, serta politik tradisionil ke arah pendekatan yang lebih baru, terutamanya sosial serta riwayat budaya. Semenjak 1975 sampai 1995, pembagian profesor riwayat di kampus Amerika yang diidentifikasi dengan riwayat sosial naik dari 31 ke 41 %, sedang pembagian sejarawan politik alami penurunan dari 40 ke 30 %. 

Pada 2007, dari 5.723 fakultas di departemen riwayat di kampus Britania, 1.644 (29%) mengidentifikasi dianya dengan riwayat sosial serta 1.425 (25%) mengidentifikasi dianya dengan riwayat politik. 

Bagaimana pendekatan sejarawan pada momen riwayat ialah salah satunya ketetapan penting dalam historiografi. Pada umumnya disadari oleh sejarawan, bukti riwayat perorangan berkaitan nama, tanggal serta tempat tidaklah terlalu mempunyai arti. Bukti itu cuma bisa menjadi bermanfaat waktu dihubungkan dengan bukti riwayat yang lain, serta proses pengaitan bukti ini dimengerti sebagau pendekatan historiografi spesifik.

Jenis-Jenis Historiografi

Historiografi mempunyai pembagian waktu, berurutan dari historiografi tradisionil, historiografi kolonial, serta historiografi moderen. Inilah keterangan dari 3 jenis historiografi itu: 

1. Historiografi Tradisionil 

Historiografi tradisionil adalah tulisan riwayat yang biasanya dikerjakan oleh beberapa sastrawan atau pujangga keraton serta bangsawan kerajaan. 

2. Historiografi Kolonial 

Historiografi kolonial ialah tulisan riwayat yang ditulis pada saat kolonial. Konsentrasi penting historiografi kolonial ialah kehidupan masyarakat Belanda (Eropa) di Hindia Belanda sebab ditulis oleh beberapa orang Belanda atau Eropa. Arah penulisannya untuk menguatkan posisi mereka di Indonesia. 

3. Historiografi Moderen 

Historiografi moderen muncul karena tuntutan ketepatan tehnik untuk memperoleh fakta-fakta riwayat. Bukti riwayat didapatkan lewat penentuan cara riset, menggunakan ilmu-ilmu membantu, terdapatnya tehnik pengarsipan, serta rekonstruksi lewat riwayat lisan. Waktu ini diawali dengan timbulnya studi riwayat gawat, yang memakai prinsip-prinsip cara riset riwayat.

Baca juga: Pengertian Historiorgafi Kolonial

Contoh historiografi moderen ialah Pemberontakan Petani Banten 1888 karya Sartono Kartodirdjo serta Revolusi Pemuda karya Benedict Anderson. 

Historiografi moderen tentu saja berkembang sama dengan jaman. Historiografi saat ini telah makin netral serta gawat pada satu momen riwayat.

Sumber:
Previous
This is the oldest page

ConversionConversion EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Thanks for your comment